Tuesday 11 September 2018

Enban Sensou Bankid Tokusatsu Jepang yang terlupakan

Enban Sensou Bankid Tokusatsu Jepang yang terlupakan


Superherodunia - Jika generasi saat ini melihat gambar di atas, barangkali  akan disangka bahwa serial tersebut merupakan bagian dari Sentai klasik era 70an. Nyatanya bukan.


Walaupun memang itu adalah superhero 70an dan produksi Jepang, nyatanya itu bukan bagian super sentai.

Serial tersebut merupakan produksi Toho, perusahaan yang terkenal dalam memproduksi Godzilla, Jet Jaguar, Gransazer dan masih banyak lagi. Sedangkan supersentai adalah dari produksi Toei.

Serial ini berjudul Enban Sensou Bankid yang disiarkan pada 3 Oktober 1976 hingga 23 Maret 1977 sebanyak 26 episode. Konsep yang ditampilkan memang serupa dengan Sentai, dengan format anggota yang menggunakan klasifikasi warna dan berbentuk tim tempur. Bahkan serial ini ditayangkan pada waktu yang hampir bersamaan dengan masa penayangan Goranger bahkan Ninja Captor. Bedanya Bankid ditayangkan di Nippon Television



Serial ini menceritakan tentang lima orang anak-anak yang terpilih menjadi tim super Hero dengan kekuatan Rasi Bintang. Para anggota Bankid seluruhnya adalah anak di bawah 15 tahun, yang digolongkan dengan warna layaknya Sentai, yakni Merah, biru dua kuning dan pink. Mereka terdiri dari Noboru Tenma (Bankid Pegasus/Red), Ryuuichi Uzaki (Bankid Dragon/Yellow), Ryuuji Uzaki (Bankid Rabbit/Yellow), Ichiro Ushijima (Bankid Ox/Blue) dan Honoka Shiratori (Bankid Swan/Pink).

Serial ini bahkan bisa dibilang Tokusatsu yang nyaris terlupakan. Jejak data Bankid di internet saat ini sangatlah terbatas, bahkan tidak mudah untuk hanya sekedar mencari potongan adegannya.



Artikel Terkait

Enban Sensou Bankid Tokusatsu Jepang yang terlupakan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email