Thursday 18 January 2018

4 Alasan Gosei Sentai Dairanger tidak diadaptasi seluruhnya menjadi Power Rangers


4 Alasan Gosei Sentai Dairanger tidak diadaptasi seluruhnya menjadi Power Rangers


Superherodunia - Sudah kita ketahui bersama bahwa Power Rangers merupakan adaptasi dari serial jepang Super sentai yang diawali dari serial Zyuranger sebagai Power Rangers tertua. Mendapatkan lisensi, Saban sebagai pihak yang menproduksi power rangers ternyata tidak begitu saja mengadaptasi mentah mentah seluruh serial sentai ditahun selanjutnya yaitu dairanger. Hanya satu kostum yang dicomot dan adegan zord serta pertarungannya saja yang diadaptasi. Mengapa demikian? Padahal Power Rangers pertama hampir seluruhnya mengadaptasi Zyuranger. Dari gosip yang beredar, ada empat alasan mengapa Gosei Sentai Dairanger tidak diadaptasi full oleh pihak Saban.

Dairanger, menurut superherodunia merupakan salah satu serial sentai terbaik. Baik kostum maupun alur cerita. Tetapi mengapa Saban tidak full ambil seluruh unsur dairanger pada power rangers season 2. Saban hanya mengambil kostum kibaranger sebagai wujud ranger baru untuk Tommy Oliver yang pada season pertama berperan sebagai rangers hijau.



Alasan pertama mengapa Dairanger tidak diadaptasi full yaitu pihak saban takut season 2 tidak sesukses Power Rangers season 1. Bayang bayang kesuksesan Mighty Morphin Power Rangers pertama membuat Saban ragu untuk merubah kostum Kimberly dan kawan kawan kekostum dairanger.

Image power rangers sangat lekat pada kostum Zyuranger. Akhirnya Saban mempertahankan kostum Zyuranger dan  meramu gabungan pertarungan zord dairanger menjadi pertarungan power rangers season 2. Walaupun akhirnya Saban harus sering membuat adegan sendiri dibanding season 1 yang hampir full nyomot adegan Zyuranger.

Alasan kedua mengapa Dairanger tidak diadaptasi full yaitu karena unsur monster yang banyak menggunakan manusia. Gouma dan musuh musuh dairanger sebelum berubah jadi monster kebanyakan berpenampilan manusia. Itulah yang membuat susah untuk melakukan edit dan penggabungan adegan. Akhirnya sulit untuk meramu suatu adegan baru. Jika harus mengadaptasi, maka Saban akan mengeluarkan dana lebih untuk pemeran monster yang berwujud manusia.

Alasan ketiga yang beredar adalah isu sensitif antara Amerika dan China saat itu. Dairanger menceritakan tanah china. Bahkan pada episode episode awal, para sentai berteleportasi ke daratan china untuk mendapat kekuatan cristal. Begitu juga pemeran sentai pink sang ranger merak. Diceritakan sebagai keturunan china. Gaya bertarung juga china banget, apalagi si ranger kuning seperti dewa mabuk asal china ya? Nah saat itu Amerika masih sensitif akan china. 

Alasan keempat dairanger tidak diadaptasi full oleh pihak Saban dikarenakan unsur pertarungan yang keras. Bertemakan bela diri asal china, dairanger memang memiliki gaya perkelahian yang keras dan adegan darah yang bercucuran. Sedangkan Power Rangers saat itu adalah wujud superhero baru yang ditujukan untuk konsumsi anak. 



Demikianlah empat alasan yang beredar tentang mengapa Dairanger tidak diadaptasi full oleh pihak Saban menjadi Power Rangers Season 2. Alasan sebenarnya memang hanya pohak Sabanlah yang mengetahui. Keempat alasan diatas hanyalah rumor yang beredar namun menurut superherodunia, keempat alasan itulah yang paling masuk akal.

Terimakasih

Artikel Terkait

4 Alasan Gosei Sentai Dairanger tidak diadaptasi seluruhnya menjadi Power Rangers
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email