Wednesday 17 July 2019

Ultraman Palsu Versi Thailand?


Ultraman Palsu Versi Thailand? 
source by google images


Superherodunia - Ketenaran Ultraman memang mendunia. Serial asli milik Tsuburaya Production yang berasal dari Jepang. Walau saat berjalannya waktu, ada Ultraman yang diciptakan diluar Jepang, namun masih resmi karena dibawah pengawasan dan hak cipta Tsuburaya, seperti Ultraman U.S.A, Great, hingga Ultraman Ribut yang muncul pada serial animasi Malaysia Upin & Ipin.

Dibalik ketenarannya, ada cerita kelam Tsuburaya Production yang sempat bersengketa dengan negara Thailand yang juga memproduksi Ultraman. Salah satu rumah produksi asal Thailand, memproduksi Ultraman Brother yang terdiri dari Ultraman hingga Ultraman Taro. Keenam Ultraman Brother itu diakui oleh Chaiyo Production juga sebagai hak milik mereka.


Dikatakan bahwa pihak chaiyo production berani mengakui Ultraman Brother juga milik mereka karena mereka memiliki bukti tentang persetujuan dan dilengkapi tanda tangan Noboru Tsuburaya anak Eiji Tsuburaya ( pencipta ultraman ). 


Konflik ini memang sudah berlalu, tapi saat pihak Tsuburaya belum memenangkan gugatannya di Los Angeles, pihak Chaiyo Production seperti aji mumpung memproduksi Ultraman Brother, mereka membuat Film Ultraman dan didalamnya juga terdapat Hanoman. Sosok Monyet Legendaris pewayangan. Waduh.

Pihak Tsuburaya Production juga tidak bisa berbuat banyak saat itu. Karena rumornya, walaupun tanda tangan Bapak Noboru tidak identik, tetapi terdapat cap jari tangan yang diyakini asli miliknya.

Chaiyo Production yang merasa punya hak, lalu ikutan memproduksi karakter ultraman sendiri versi mereka. Tapi satu per satu rencana ini berhasil digagalkan oleh Tsuburaya karena hasil persidangan hanya mengizinkan pihak Thailand memanfaatkan judul-judul klasik yang tertera di surat itu saja, tanpa boleh ada produksi baru lagi, karena keseluruhan brand Ultraman tetap milik Tsuburaya.

Jika kita lihat, 6 Ultra bersaudara sempat memakai sayap merah layaknya Superman, itu adalah salah satu cara Tsuburaya Jepang untuk mengakali sengketa dengan Ultraman Thailand. Karena kalau mereka mengeluarkan Ultraman klasik ke luar Jepang, mereka harus memberikan setoran ke pihak Thailand.

Tapi kini setelah kemenangan mutlak, Ultraman bisa bebas beraksi tanpa sayapnya lagi di luar Jepang. Dan tentunya selamat tinggal pada semua proyek Ultraman di luar proyek resmi Tsuburaya, termasuk Ultraman Ekin Cheng (2006) dan yang terbaru, 'Dragon Force: So Long Ultraman'.

Ada yang kenal dengan ultraman dibawah ini? Ya ini adalah salah satu ultraman ciptaan Chaiyo Production Thailand yang sudah pasti dianggap sebagai ilegal oleh Tsuburaya Jepang

ultraman elite

Sumber:

www.scifijapan.com/articles/
2017/11/20/news-flash-jury-rules-in-favor-of-tsuburaya-pro-in-ultraman-rights-lawsuit/


Artikel Terkait

Ultraman Palsu Versi Thailand?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email